DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GARUT
MGMP. PKn SMP Rayon 08
Pameungpeuk - GARUT
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Pertama (SMP)
Kelas : VII ( Tujuh )
Hari /tanggal :
Rabu, 5 Juni 2013
Waktu : 09.30 – 11.00 WIB
PETUNJUK UMUM
1.
Tulis nomor Anda
pada lembar jawaban.
2.
Periksalah dan
bacalah soal-soal dengan teliti sebelum Anda menjawabnya.
3.
Dahulukan
menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah.
4.
Kerjakan pada
lembar jawaban yang disediakan.
5.
Apabila ada
jawaban yang dianggap salah maka hapuslah jawaban yang salah tersebut sampai
bersih, kemudian hitamkanlah kotak pada huruf jawaban lain yang Anda anggap
benar.
Contoh : a. sebelum
dijawab a b c d
b. sesudah dijawab a b c d
c. sesudah diperbaiki a b c d
PETUNJUK KHUSUS
Hitamkanlah bulatan pada huruf a, b, c, atau d yang Anda
anggap benar pada lembar jawaban !
1.
|
Norma
yang memiliki sanksi tegas adalah …
|
||||||
a.
|
Kesopanan
|
c.
|
Kesusilaan
|
||||
b.
|
Agama
|
d.
|
Hukum
|
||||
2.
|
Himpunan
peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat yang
bersipat memaksa dan memiliki sanksi yang tegas dan harus dipatuhi masyarakat
disebut
|
||||||
a.
|
Norma
|
c.
|
Hukum
|
||||
b.
|
Kaidah
|
d.
|
Peraturan
hidup
|
||||
3.
|
Manusia
tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa kerja sama dengan manusia lain.
Hal tersebut merupakan cirri manusia sebagai makhluk …
|
||||||
a.
|
Biologi
|
|
|||||
b.
|
Budaya
|
||||||
c.
|
Sosial
|
||||||
d.
|
Bermasyarakat
|
||||||
4.
|
Salah satu tujuan
ditetapkannya hukum dalam suatu negara
dalah
|
||||||
a.
|
Melindungi
warga masyarakat
|
c.
|
Menegakkan
keadilan dan kebenaran
|
||||
b.
|
Menjamin
hak-hak penguasa negara
|
d.
|
Mewujudkan
kesejahteraan masyarakat
|
||||
5.
|
Peraturan
hukum tertinggi di indonesia adalah …
|
||||||
a.
|
UU
|
c.
|
Pancasila
|
||||
b.
|
UUD
1945
|
d.
|
Hukum
Pidana
|
||||
6.
|
“
Indonesia adalah negara hukum” merupakan isi …
|
||||||
a.
|
Pasal
1 Ayat 1 UUD 1945
|
c.
|
Penjelasa
UUD 1945
|
||||
b.
|
Pasal
1 Ayat 3 UUD 1945
|
d.
|
Pembukaan
UUD 1945
|
||||
|
|
|
|
||||
7.
|
Instrumen nasional HAM yang
lebih terperinci dalam menjamin HAM adalah ...
|
||||||
a.
|
UUD 1945
|
c.
|
UU No. 39 Tahun 1999 UU
|
||||
b.
|
UU No. 9 Tahun
1988
|
d.
|
UU No. 32 Tahun 2004
|
||||
8.
|
Puncak sejarah penegakan HAM
dunia adalah lahirnya ...
|
||||||
a.
|
Magna Charta
|
c.
|
Declaration of Independence
|
||||
b.
|
Bill of Rights
|
d.
|
Universal Declaration of
Human Rights
|
||||
9.
|
Penandatanganan puncak
penghargaan HAM sedunia yang oleh PBB dijadikan hari HAM sedunia, yaitu pada
tanggal ...
|
||||||
a.
|
10 Desember
|
c.
|
12 Desember
|
||||
b.
|
11 Desember
|
d.
|
13 Desember
|
||||
10.
|
Titik
puncak perjuangan bangsa Indonesia adalah …
|
||||||
a.
|
Sumpah
pemuda
|
||||||
b.
|
Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia
|
||||||
c.
|
Pergerakan nasional
|
||||||
d.
|
Kebangkitan
nasional
|
||||||
11.
|
Lahirnya perundang-undangan HAM nasional
terutama dilatar belakangi hal-hal berikut ini, kecuali
...
|
||||||
a.
|
komitmen untuk melaksanakan
UDHR
|
|
|
||||
b.
|
desakan masyarakat untuk
mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis
|
||||||
c.
|
melaksanakan amanat Ketetapan
MPR No. XVII/MPR/1998 tentang HAM
|
||||||
d.
|
supaya HAM perorangan (
individualisme ) tergeser paham kekeluargaan ( kolektivisme )
|
||||||
12.
|
Kemerdekaan
bukan tujuan akhir bangsa, tetapi merupakan alat untuk mencapai …
|
||||||
a.
|
Kemerdekaan
|
c.
|
Tujuan
negara
|
||||
b.
|
kekuasaan
|
d.
|
Landasan
bangsa
|
||||
13
|
“
Negara hendak mewudkan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia”. Hal
ini merupakan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 pada alinea
|
||||||
a.
|
Pertama
|
c.
|
Keempat
|
||||
b.
|
Kedua
|
d.
|
Ketiga
|
||||
14
|
Kedaulatan
berada di tangan rakyat dan dilakukan menurut …
|
||||||
a.
|
UU
|
c.
|
UUD
|
||||
b.
|
Pancasila
|
d.
|
Pemilu
|
||||
15
|
Suatu perbuatan yang
dilakukan dengan maksud menghancurkan/memusnahkan seluruh/sebagian kelompok
bangsa, ras, kelompok etnis, atau kelompok agama disebut ...
|
||||||
a.
|
pelanggaran berat HAM
|
c.
|
kejahatan kemanusiaan
|
||||
b.
|
pembunuhan masal
|
d.
|
kejahatan
genosida
|
||||
16
|
Upaya yang dilakukan oleh
negara Indonesia untuk menegakan HAM, kecuali ...
|
||||||
a.
|
tidak mengadili pihak-pihak
yang melanggar HAM
|
||||||
b.
|
menyelesaikan setiap masalah
HAM secara adil
|
||||||
c.
|
membuat aturan-aturan hukum tentang HAM
|
||||||
d.
|
membentuk lembaga-lembaga
yang bertugas menegakan HAM
|
||||||
17
|
Berikut
ini yang bukan syarat-syarat utama berdirinya suatu Negara adalah …
|
||||||
a.
|
Rakyat
|
c.
|
Pemerintah
|
||||
b.
|
Wilayah
Negara
|
d.
|
Pengakuan
dari Negara lain
|
||||
18
|
Tindakan bagi korban adalah memberikan jaminan
kelangsungan hidup yaitu perlindungan ...
|
||||||
a.
|
amnesti dan grasi
|
c.
|
kompensasi dan rehabilitasi
|
||||
b.
|
amnesti dan kompensasi
|
d.
|
kompensasi dan grasi
|
||||
19
|
Konstitusi
bersumber pada …
|
||||||
a.
|
UUD
|
c.
|
UU
|
||||
b.
|
Dasar
negara
|
d.
|
PP
|
||||
20.
|
Salah satu tujuan dibentuknya
Komnas HAM adalah ...
|
||||||
a.
|
meningkatkan perlindungan dan
penegakan HAM
|
||||||
b.
|
memantau HAM
|
|
|
||||
c.
|
penyuluhan HAM
|
|
|
||||
d.
|
pengkajian dan penelitian HAM
|
|
|
||||
21
|
Di bawah ini yang bukan
termasuk lembaga perlindungan HAM adalah ...
|
||||||
a.
|
Yayasan Lembaga Bantuan Hukum
Indonesia
|
||||||
b.
|
Komnas HAM
|
|
|
||||
c.
|
Pengadilan HAM
|
|
|
||||
d.
|
Piagam HAM
|
|
|
||||
22
|
Jaminan HAM di Indonesia diatur dalam UUD 1945
yaitu pada Bab XA pasal ...
|
||||||
a.
|
23 A – 23 G
|
c.
|
28 A – 28 J
|
||||
b.
|
24 A – 24 C
|
d.
|
30 ayat (1) – (5)
|
||||
23
|
Pasal 29 UUD 1945 mengatur
tentang penegakan HAM dalam hal ...
|
||||||
a.
|
ikut aktif dalam kegiatan
politik dan pemerintahan
|
||||||
b.
|
kebebasan mengeluarkan
pendapat
|
|
|
||||
c.
|
hak untuk hidup layak bagi kemanusiaan
|
|
|
||||
d.
|
kebebasan memeluk agama dan
menganut kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
||||||
24
|
Pasal berapa dalam UUD 1945
yang mengatur tentang persamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan ...
|
||||||
a.
|
27 ayat (1)
|
c.
|
28
|
||||
b.
|
27 ayat (2)
|
d.
|
29 ayat (2)
|
||||
25.
|
Berikut ini yang bukan
merupakan contoh perilaku yang menjunjung tinggi HAM adalah ...
|
||||||
a.
|
menghargai hak milik orang
lain
|
|
|
||||
b.
|
menghalalkan segala cara
untuk mencapai tujuan
|
||||||
c.
|
mena tidak semena-mena
terhadap orang lain
|
||||||
d.
|
menghormati hak orang lain
|
||||||
26
|
Salah satu contoh hak asasi
yang bersifat pribadi dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
|
||||||
a.
|
kebebasan dalam segala bidang
kehidupan
|
||||||
b.
|
melaksanakan kewajiban kepada
negara
|
|
|
||||
c.
|
kebebasan memeluk salah satu
agama
|
|
|
||||
d.
|
menuntut apa yang diinginkan
|
|
|
||||
27.
|
Sikap positif yang dapat
dikembangkan dalam rangka mendukung dan menghargai upaya penegakan dan
perlindungan HAM adalah ...
|
||||||
a.
|
mempersilahkan orang untuk
menggunakan hak asasi sebebas-bebasnya
|
||||||
b.
|
menyaksikan korban
pelanggaran HAM
|
|
|
||||
c.
|
ikut perihatin dengan
banyaknya pelanggaran HAM di Indonesia
|
||||||
d.
|
menyampaikan laporan kepada
pihak yang terkait jika ada pelanggaran HAM
|
||||||
28.
|
Contoh nyata pelaksanaan HAM
dalam lingkup keluarga adalah ...
|
||||||
a.
|
menghormati orang tua
|
c.
|
mau menang sendiri
|
||||
b.
|
anak minta uang saku kepada
orang tua
|
d.
|
menolak dengan kasar apabila
diperintah orang tua
|
||||
29.
|
Pelaksanaan HAM disekolah
dapat dilakukan dengan cara ...
|
||||||
a.
|
berteman dengan
membeda-bedakan agama tertentu
|
||||||
b.
|
menaati tata tertib yang
berlaku disekolah
|
||||||
c.
|
tidak menghormati pendapat
teman
|
||||||
d.
|
tidak menghargai upaya bapak
dan ibu guru dalam membina dan mendidik siswa disekolah
|
||||||
30.
|
Sikap menghargai upaya
penegakan HAM dilingkungan masyarakat dapat ditunjukan dalam bentuk ...
|
||||||
a.
|
menggangu apabila ada pemeluk
agama lain yang ingin menjalankan ibadah
|
||||||
b.
|
tidak mau mendukung kehidupan
yang tertib, aman dan damai
|
||||||
c.
|
mengutamakan kepentingan umum
diatas kepentingan pribadi
|
||||||
d.
|
berbuat onar dalam masyarakat
|
||||||
31.
|
Pengertian kemerdekaan
mengeluarkan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan
pikiran dengan lisan, tulisan dan sebagainya secara bebas dan
bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan ...
|
||||||
a.
|
Pancasila
|
c.
|
Peraturan Pemerintah
|
||||
b.
|
UUD 1945
|
d.
|
Peraturan perundang-undangan
yang berlaku
|
||||
32.
|
Dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara setiap warga Indonesia secara
perorangan atau kelompok bebas menyampikan pendapat sebagai perwujudan hak
dan tanggungjawab ...
|
||||||
a.
|
sosial
|
c.
|
bermusyawarah
|
||||
b.
|
individual
|
d.
|
berdemokrasi
|
||||
33.
|
Menyampaikan pendapat secara
tulisan dapat dilakukan dengan ...
|
||||||
a.
|
dialog
|
c.
|
pamflet
|
||||
b.
|
diskusi
|
d.
|
pidato
|
||||
34.
|
Berikut ini akibat dari
pembatasan mengemukakan pendapat bagi pemerintah, kecuali
...
|
||||||
a.
|
hilangnya kepercayaan rakyat
|
c.
|
adanya perlawanan dari rakyat
|
||||
b.
|
stabilitas nasional terganggu
|
d.
|
hilangnya dukungan rakyat
|
||||
35.
|
Berikut ini merupakan akibat
dari kebebasan mengemukakan pendapat bagi rakyat, kecuali ...
|
||||||
a.
|
pembangunan nasional akan
terhambat
|
|
|
||||
b.
|
kekecewaan yang dalam
terhadap pemerintah
|
||||||
c.
|
pembangkangan terhadap
pemerintah
|
||||||
d.
|
hilangnya kepercayaan rakyat
terhadap pemerintah
|
||||||
36.
|
Menyampaikan
pendapat yang tanpa batas berarti menyampaikan pendapat sebebas-bebasnya
tanpa mematuhi adanya batasan-batasan yang ada. Penyampaian pendapat ini akan
menyebabkan timbulnya hal-hal yang negatif. Berikut ini hal-hal negatif yang
timbul karena penyampaian pendapat yang tanpa batas, kecuali ...
|
||||||
a.
|
melahirkan suasana yang
tertib, damai dan rasa aman
|
||||||
b.
|
melanggar hak dan kebebasan
orang
|
|
|
||||
c.
|
menimbulkan ancaman bahaya
bagi keselamatan umum
|
||||||
d.
|
merusak rasa kebersamaan dan
persatuan sebagai bangsa
|
||||||
37.
|
Perhatikan data-data berikut
ini !
|
||||||
|
(1). Melahirkan suasana tidak tertib, kekacauan
dan tidak memberi rasa aman
|
||||||
|
(2). Merusak rasa kebersamaan dan persatuan
sebagai bangsa
|
||||||
|
(3). Terjaminnya hak-hak warga negara
|
||||||
|
(4). Terciptanya masyarakat
yang tanggap dan reponsif
|
||||||
|
(5). Melanggar hak dan
kebebasan orang lain
|
||||||
|
Berdasarkan data diatas, yang menunjukan akibat
dari penyampaian pendapat yang tanpa batas ditunjukan oleh nomer ...
|
||||||
a.
|
1, 2, 5
|
c.
|
1, 4, 5
|
||||
b.
|
1, 3, 5
|
d.
|
2, 4, 5
|
||||
38.
|
’’ Setiap orang
berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat ’’. Pernyataan tersebut tertuang dalam ...
|
||||||
a.
|
pasal 28 E ayat (1) UUD 1945
|
c.
|
pasal 28 E ayat (3) UUD 1945
|
||||
b.
|
pasal 28 E ayat (2) UUD 1945
|
d.
|
pasal 28 E ayat (4) UUD 1945
|
||||
39.
|
Kemerdekaan menyampaikan
pendapat dimuka umum diatur dalam ...
|
||||||
a.
|
UU No. 8 Tahun 1998
|
c.
|
UU No. 10 Tahun 1998
|
||||
b.
|
UU No. 9 Tahun 1998
|
d.
|
UU No. 11 Tahun 1998
|
||||
40.
|
UUD 1945 memberika jaminan
terhadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam
...
|
||||||
a.
|
pasal 27
|
c.
|
pasal 29
|
||||
b.
|
pasal 28
|
d.
|
pasal 30
|
||||
41.
|
Dalam meyampaikan pendapat
dimuka umum berkewajiban dan bertanggungjawab untuk, kecuali ...
|
||||||
a.
|
menjaga keutuhan, persatuan
dan kesatuan bangsa
|
||||||
b.
|
menjaga keamanan dan
ketertiban
|
|
|
||||
c.
|
memjaga kepentingan
kelompok/etnis tertentu
|
||||||
d.
|
menghormati hak dan kebebasan
orang lain
|
||||||
42.
|
Meskipun setiap orang bebas
berpendapat, namun tetap terbatas, yaitu dibatasi oleh ...
|
||||||
a.
|
kebebasan orang lain
|
c.
|
kemampuan pribadi
|
||||
b.
|
pemerintah daerah
|
d.
|
waktu dan tempat
|
||||
43.
|
Demonstrasi merupakan salah
satu perwujudan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
Sebelum melaksanakan demonstrasi pimpinan demo terlebih dahulu harus ...
|
||||||
a.
|
mendata jumlah anggotanya
yang akan berdemo
|
||||||
b.
|
mengadakan mobilisasi anggota
yang akan berdemo
|
||||||
c.
|
mengajak organisasi lain
untuk berdemo
|
||||||
d.
|
melaporkan dan meminta izin
keaparat berwenang
|
||||||
44.
|
Di dalam tata cara
menyampaikan pendapat dimuka umum bahwa sebelum kegiatan demo dilakukan,
pemberitahuan dilakukan paling lambat ...
|
||||||
a.
|
1 x 24 jam
|
c.
|
3 x 24 jam
|
||||
b.
|
2 x 24 jam
|
d.
|
4 x 24 jam
|
||||
45.
|
Surat pemberitahuan demo
harus meliputi, kecuali ...
|
||||||
a.
|
maksud dan tujuan
|
c.
|
waktu dan lamanya
|
||||
b.
|
tempat
|
d.
|
besarnya dana yang
dikeluarkan
|
||||
46.
|
Bentuk sikap positif terhadap
penggunaan hak berpendapat secara bebas dan bertanggungjawab adalah sebagai
berikut, kecuali ...
|
||||||
a.
|
berpendapat sesuai dengan
aturan
|
c.
|
sikap kritis untuk
kepentingan pribadi
|
||||
b.
|
sopan dan tertib dalam
berpendapat
|
d.
|
tetap menjaga persatuan dan
kesatuan bangsa
|
||||
47.
|
Contoh sikap positif siswa
jika melihat unjuk rasa adalah ...
|
||||||
a.
|
acuh tak acuh saja karena
tidak berkepentingan
|
||||||
b.
|
mendukung jika unjuk rasa itu
positif
|
|
|
||||
c.
|
melaporkan kepada pihak yang
berwajib
|
|
|
||||
d.
|
menonton saja dari dekat
|
|
|
||||
48.
|
Salah satu dampak positif
kemerdekaan mengeluarkan pendapat adalah ...
|
||||||
a.
|
membiasakan masyarakat
berpikir kritis
|
||||||
b.
|
menyiapkan para demonstran
yang pandai berunjuk rasa
|
||||||
c.
|
membiasakan polisi siap
dengan berbagai kerusuhan
|
||||||
d.
|
memenuhi tuntutan agar
Indonesia diterima diforum internasional
|
||||||
49.
|
Contoh sikap positif terhadap
penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
dilingkungan keluarga adalah ...
|
||||||
a.
|
menghormati keputusan orang
tua dalam memecahkan masalah keluarga
|
||||||
b.
|
tidak mau melaksanakan
keputusan orang tua
|
||||||
c.
|
acuh tak acuh terhadap
keputusan orang tua
|
||||||
d.
|
tidak mau tahu urusan
keluarga
|
||||||
50.
|
Dalam kegiatan rapat-rapat
pengurus OSIS disekolah, peserta rapat diberi kebebasan dan tanggungjawab untuk
menyampaikan pendapat dengan ketentuan ...
|
||||||
a.
|
sesuai dengan aturan tata
tertib rapat OSIS
|
||||||
b.
|
menghargai saran dan pendapat
dari peserta rapat OSIS
|
||||||
c.
|
boleh menyanggah pendapat
yang diusulkan dari peserta rapat yang lainnya
|
||||||
d.
|
berani mengemukakan pendapat
dengan tegas dan benar didepan rapat
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar