STRUKTUR KURIKULUM SMP 2013, KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DAN MATA PELAJARAN LAINNYA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) / MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Untuk membantu rekan-rekan guru SMP dan MTs dalam rangka mempersiapkan
diri untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam upload kali ini saya
tuliskan Struktur Kurikulum 2013 dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata
pelajaran PPKn, dan mata pelajaran lainnya beserta Dokumen Kurikulum 2013
A. STRUKTUR KURIKULUM
2013
MATA PELAJARAN
|
Alokasi
Belajar Perminggu
|
|||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Kelompok
A
|
||||
1
|
Pendidikan
Agama
|
3
|
3
|
3
|
2
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
4
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
5
|
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
|
5
|
5
|
5
|
6
|
Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
Kelompok
B
|
||||
8
|
Seni
Budaya (termasuk muatan Lokal)
|
3
|
3
|
3
|
9
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
10
|
Prakarya
(termasuk muatan Lokal)
|
3
|
3
|
3
|
Jumlah
Alokasi Waktu Perminggu
|
38
|
38
|
38
|
B. KOMPETENSI
DASAR MATA PELAJARAN PPKn PADA KURIKULUM 2013
KELAS VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai perilaku beriman,dan bertaqwa
kepada TuhanYME dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang
ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar
negara
2.2 Menunjukan perilaku sesuai norma-norma
dalam berinteraksi dengan kelompok
sebaya dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan sikap toleranterhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya,
gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
2.4 Menunjukkan semangat
persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian
yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1 Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan
Pancasila sebagai dasar negara
3.2 Memahami sejarah perumusan dan
pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3 Memahami isi alinea
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5 Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya,
gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
3.6 Memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKR)
3.7 Memahami karakteristik daerah tempat
tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan tulisan singkat tentang “sejarah
dan semagat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai
dasar negara”
4.2 Menyajikan
tulisan singkat tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.3 Membuat
kajian isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Menyajikan hasil pengamatan
tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
4.5 Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman yang
dibingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menampilkan
perilaku kebersatuan dalam keberagaman
suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7 Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian utuh dari NKRI
|
KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1 Menghargai perilaku beriman,dan bertaqwa
kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat, bangsa, dan Negara
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan semangat dan komitmen
kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan
Pancasila sebagai dasar negara
2.2 Menunjukkan semangatkebangsaan dan kebernegaraan seperti yang
ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam dalam menetapkan UUD1945 sebagai
landasan konstitusional negara kebangsaan
2.3 Menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat
sekitar
2.4 Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupan
bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat
mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5 Menghargai semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa
untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
3.2 Menjelaskan lembaga-lembaga negara dalam
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3 Mendiskusikan tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional
3.4 Membedakan norma dan kebiasaan antardaerah
di Indonesia
3.5 Memahami hak asasi manusia dalam UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
3.6 Mendeskripsikan makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.7 Mendiskusikan unsur-unsur Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI)
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membacamenghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1 Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan
sehari-hari
4.2 Menyajikan
hubungan fungsi antar lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.3 Melaksanakan
kewajiban sesuai peraturan
perundang-undangan dalam kehidupan sehari-hari
4.4 Melaksanakan hasil pengamatan tentang
norma, dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat Indonesia
4.5 Mengamati dan melaksanakan
kewajiban asasi manusia sebagaimana diatur UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
4.6 Mengamati dan melakukan
kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
4.7 Mengamati dan menyajikan
unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang utuh
|
KELAS IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1 Menghayati
perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam
kehidupan di lingkungan pergaulan antar bangsa
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan penghargaan terhadap keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa
2.2 Menghargai hukum yang berlaku dalam
masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
2.3 Menunjukkan sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia
2.4 Meneladani semangat dan
komitmen sumpah pemuda sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan
oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5 Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional
dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Menelaah dinamika perwujudan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2 Menelaah pokok-pokok pikiran yang
terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3 Menelaah norma hukum dan sistem penegakkan
hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.4 Mengemukakan perbedaan baik dan buruk dalam bertutur kata,
berperilaku, dan bersikap sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila
3.5 Memecahkan masalah-masalah yang muncul
dalam keberagaman masyarakat
3.6 Memahami konteks kesejarahan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membacamenghitung, menggambar,dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika
perkembangan jaman
4.2 Menyajikan tulisan tentang pokok-pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.3 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan hukum
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.4 Menampilkan contoh sikap, tutur kata, dan
perilaku yang baik, sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam
pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa dan negara
4.5 Merumuskan dan mengemukakan ide,gagasanpenyelesaian masalah
yang muncul dalam keberagaman masyarakat
4.6 Menampilkan kajian dinamika penguatan komitmen mempertahankan
NKRI dalam konteks kesejarahan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar