SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 1.
Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||
1.1.
Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia.
1.2.
Mengidentifikasi
fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
|
Organ tubuh manusia dan hewan
A.Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (Hlm.3)
|
o
Melakukan
kegiatan 1.1 dan tugas 1.1
o
Menyebutkan
bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
o
Memahami
istilah dari
o
Memahami
pernapasan dada dan pernapasan perut
o
Memahami
proses pernapasan pada :
o
Mendeskripsikan
alat pernapasan hewan
|
o
Mengidentifikasi
alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.
o
Membuat
model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o
Menjelaskan
penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup
udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o
Membiasakan
diri memelihara kesehatan alat pernapasan
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk
kerja
|
Kegiatan 1.1
Hlm.4
Tugas 1.1
Hlm.5
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
Stoples
plastik bening besar
-
Pipa
kecil bercabang tiga
-
Plastisin
-
Karet
gelang
-
Sedotan
-
Tiga
balon kecil
-
Lakban
-
Gunting
-
Silet
|
|||||
1.3.
Mengidentifikasi
fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
|
Organ tubuh manusia dan hewan
B. Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia.
(Hlm.13)
C.
Hubungan
Makanan Dan Kesehatan (Hlm.21))
|
o
Melakukan
tugas 1.2
o
Menjelaskan
tugas dari alat pencernaan dan menyebutkan bagian alat pencernaan
o
Memahami
fungsi rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar
o
Menyebutkan
gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan
tata cara makanan
o
Memahami
fungsi dari zat gizi, kandungan zat gizi dalam makanan
o
Memahami
fungsi dari kar-bohidrat, protein, lemak, air, mineral dan protein serta
menyebutkan sumbernya
o
Memahami
menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna)
o
Memahami
cara mengolah bahan makanan dengan benar.
|
o Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada
manusia.
o Mencari informasi tentang penyakit yang
berhubungan dengan pencernaan.
o Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk
menjaga kesehatan alat pencernaan.
o Mengidentifikasi makanan bergizi dan
menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu
seimbang menjadikan tubuh sehat.
o Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan
makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
–
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
|
|||||
1.4.
Mengidentifikasi
organ peredaran darah manusia.
|
Organ tubuh manusia dan hewan
D. Alat Peredaran Darah Pada Manusia. (Hlm.28)
|
o
Melakukan
kegiatan 1.2 (Hlm.31)
o
Memahami
fungsi jantung dan pembuluh darah.
o
Memahami
bahwa jantung terdiri dari empat ruang
o
Memahami
bahwa pembuluh darah
-
Pembuluh
Nadi (Arteri)
-
Pembuluh
Balik (Vena)
o
Memahami
perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik
o
Memahami
intilah
o
Memahami
proses peredaran darah tertutup dan macam peredaran darah berdasarkan panjang
pendek jalur yang ditempuh
-
Pembuluh
Nadi (Arteri)
-
Pembuluh
Balik (Vena)
o
Mampu
menghitung denyut nadi sendiri dan orang lain
|
o Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia
melalui gambar.
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
Kegiatan 1.2
Hlm.31
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
Stopwatch
-
Jam
tangan
|
|||||
1.5. Mengidentifikasi gangguan pada organ
peredaran darah manusia
|
Organ tubuh manusia dan hewan
D.Alat Peredaran Darah Pada Manusia. (Hlm.28)
|
o
Melakukan
uji kompetensi (Hlm.36)
o
Latihan
soal (Hlm.38)
o
Memahami
penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah
-
Anemia
-
Leukimia
-
Hipertensi
-
Penyakit
jantung bawaan
-
Pembuluh
nadi mengeras
o
Memehami
cara memelihara kesehatan alat peredaran darah
-
menghindari
makanan berlemak tinggi
-
membiasakan
pola makan yang sehat
-
kegiatan
fisik, istirahat dan olah raga yang teratur
o
Memahami
perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik
|
o Mencari informasi tentang penyakit yang
mempengaruhi alat peredaran darah manusia.
o Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari
penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
Uji Kompetensi
Hlm 26
Lat Ulangan
Hlm.38
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
|
|||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami cara
tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||||||||||||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||||||||||
2.1
Mengidentifikasi
cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
Tumbuhan Hijau
A. Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
(Hlm.43)
|
o
Memahami
proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
o
Mengetahui
bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
-
air →
diperoleh melalui akar
-
karbon
dioksida → masuk dari udara melalui
stomata dan lentisel
-
cahaya
matahari → diserap oleh klorofil
o
Mengetahui
proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan
gambar 2.3)
o
Mengetahui
hasil fotosintesis berupa
-
Karbohidrat
-
oksigen
o
Mengetahui
tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya
a.
di dalam
umbi
b.
di dalam
buah
c.
dalam
biji
d.
di dalam
batang
|
o Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat
makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #)
o Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan
cadangan makanan.
|
Tugas Individu
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Tugas 2.1
Hlm.46
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
|
|||||||||||||
2.2
Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
Tumbuhan Hijau
B. Manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan
hijau. (Hlm.48)
C. Keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau. (Hlm.52)
|
o
Melakukan
tugas 2.2 (Hlm.52)
o
Memahami
tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
o
Menyebutkan
bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan
a. Daun-daunan
b. Bunga-bungaan
c. Buah-buahan
d. Umbi-umbian
e. Tunas
f. Biji
o
Mengetahui
bahwa tumbuhan mempunyai manfaat sebagai
a. Penyedap rasa
-
gula
pasir → tebu
-
bumbu
(merica, cengkeh, pala , kunyit, jahe)
b. Obat-obatan
-
Pil kina
(obat penyakit malaria) → kulit pohon kina
c. Bahan sandang
-
Kain
katun → serat kapas
d. Peralatan rumah tangga
-
Kursi,
meja → kayu dan bambu
|
o Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang
digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.
o Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi
manusia dan hewan sebagai sumber energi.
o Memprediksi yang akan terjadi bila di dunia
ini tidak ada tumbuhan hijau.
|
Tugas Individu
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Tugas 2.2
Hlm.52
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
|
|||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 3.
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
Penyesuaian makhluk
hidup dengan lingkungannya
A. Penyesuaian dengan lingkungannya (Hlm.56)
|
o
Memahami
peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
o
Mememahami
penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan
-
Kupu-kupu
→ alat penghisap nektar yang panjang (probosis)
-
Lebah→
mempunyai bentuk mulut penjilat
o
Melakukan
tugas 3.1 (Hl.61)
o
Mememahami
hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya
-
Bunglon
→ mengubah warna tubuhnya
-
Walang
sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat
-
Walang
daun → bentuk dan warna tubuh yang
menterupai daun
-
Kala
jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat
-
tubuh ke
tubuh musuhnya
o
Melakukan
tugas 3.2 (Hl.64)
|
o Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan
diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari
musuhnya.
|
Tugas Individu
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Tugas 3.1
Hlm.61
Tugas 3.2
Hlm.64
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
|
|
3.2
Mengidentifikasi
penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan
hidup
|
Penyesuaian makhluk
hidup dengan lingkungannya
B. Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya
|
o
Memahami
peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
o
Memahami
bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di
air.
o
Memahami
bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda
-
Pohon
jati → merontokkan atau menggugurkan daunnya
-
Kaktus →
bentuk daun duri untuk mengurangi
penguapan, batang kaktus
menyimpan air.
-
Teratai
→ Daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga udara
-
Tumbuhan
kantong semar→ Daun berbentuk kantong
o
Memahami
bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya
-
Bunga
mawar → Batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil
-
Bunga
bugenvi → memiliki duri-duri panjang-panjang
-
Pohon
mangga, kamboja, alamanda → Mengeluarkan getah
-
Buah
durian → Memiliki kulit berduri
|
o Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan
untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang
tajam.
|
–
|
Uraian Objektif
|
–
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 4. Memahami
hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda
sebagai hasil suatu proses
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
4.1
Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain,
dan kertas
|
Benda dan sifatnya
A. Penyusun bahan tali temali. (Hlm.75)
B. Kekuatan bahan tali temali (Hlm.)
C. Sifat tali temali
|
o
Melakukan
kegiatan 4.1 s.d 4.3
o
Memahami
peta konsep tentang bahan tali temali
o
Mengetahui
bahan penyusun tali temali
-
Serat :
Senar, nilon, ijuk, untaian kabel kecil pada kabel listrik
-
Benang :
Benang jahit, benang kasur, benang nilon
-
Tambang
atau tali : Tambang plastik, tambang kawat,
o
Memahami
sifat benda yang dapat digunakan sebagai tali:
-
Lentur
-
Kuat
o
Memahami
peta konsep tentang bahan tali temali.
o
Mengelompokkan
tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya
-
Struktur
pilinan
-
Struktur
anyaman
-
Struktur
lurus
o
Memahami
kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya
o
Memahami
cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali
|
o Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan
berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.
o Memberi contoh penggunaan berbagai jenis
bahan berdasarkan strukturnya.
o Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji
kekuataannya.
o Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan
yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.
o Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada
hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Kegiatan 4.1
Hlm.75
Kegiatan 4.2
Hlm.77
Kegiatan 4.3
Hlm.80
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
Seutas
tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa
pembesar, tiga batu kecil, ember berisi air
|
|||
4.2
Menyimpulkan
hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
|
Benda dan sifatnya
D. Perubahan sifat benda (Hlm.81)
E. Perubahan wujud yang dapat kembali dan tidak
dapat kembali (Hlm.85)
|
o
Melakukan
kegiatan 4.4 (Hlm.82)
o
Tugas
4.1 dan tugas 4.2
o
Mengerjakan
uji kompetensi (Hlm.88)
o
Memahami
penyebab perubahan pada benda
o
Menyebutkan
contoh perubahan yang dapat kembali.
o
Memahami
prosese pembuatan garam
o
Menyebutkan
contoh perubahan yang tidak dapat kembali.
-
Pembusukan
pada sayuran dan buah
-
Pemasakan
nasi
-
Pembuatan
bubur
-
Perkaratan
pada besi
|
o Mengumpulkan data tentang sifat benda,
seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah
mengalami perubahan.
o Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami
perubahan sebagai hasil suatu proses.
o Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan
perubahan pada benda.
o Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang
tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses.
o Mendeskripsikan kondisi benda setelah
mengalami proses berdasarkan pengamatan.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Kegiatan 4.4
Hlm.81
Tugas 4.1
Hlm.82
Tugas 4.1
Hlm.86
Uji Kompetensi
Hlm.88
Lat Soal
Hlm.90
Lat Ulangan Umum
Hlm.96
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
-
Sebatang
lilin, sehelai kertas, sekantung semen putih, seember air.
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah ..........................
(
.............................................. )
NIP/NIK :
..............................
|
.......................................... 20 .....
Guru
Mapel IPA ( SAINS )
(
.............................................. )
NIP/NIK
: ..............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar