RPP PJOK KLS 5 SEM 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olah raga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktekkan
gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportifitas dan kejujuran
Indikator : Melakukan gerakan:
- Melambungkan bola
- Melempar bola
- Menangkap bola
- Berlari
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Melambungkan bola
- Melempar bola
- Menangkap bola
- Memukul bola
- Berlari
b. Siswa dapat bermain rounders dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi
B. Materi Pembelajaran
a. Permainan Rounders
- Melambungkan bola
- Melempar bola
- Menangkap bola
- Memukul bola
- Berlari
b. Bermain rounders dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Memberikan motivasi
- Melambungkan bola menggunakan tangan kanan dan kiri
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melambungkan bola menggunakan tangan kanan dan kiri secara berpasangan dan kelompok
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Memukul bola dan
- Berlari
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melambungkan bola menggunakan tangan kanan dan kiri secara berpasangan dan kelompok
- Memukul bola
- Berlari
- Bermain rounders
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku Penjasorkes SD
- Buku referensi bermain rounders
- Tim Abdi Guru
F. Penilaian
1. Tes Penilaian
Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
Gerakan:
- Melambungkan bola
- Melemparkan bola
- Menangkap bola
- Memukul
- Berlari
Dengan berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu dan berpasangan.
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN ROUNDERS
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Melambungkan bola
2. Melempar bola
3. Menangkap bola
4. Memukul bola
5. Berlari
6. Bermain Rounders
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olah raga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 1.2 Mempraktekkan variasi gerak dasar ke dalam modifikasi permainan bola besar serta nilai kerjasama tim, sportifitas dan kejujuran
Indikator : Melakukan gerakan:
- Mengoper dan menerima
- Mengoper dan mengontrol
Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Mengoper dan menerima
- Mengoper dan mengontrol
b. Siswa dapat bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
B. Materi Pembelajaran
a. Bermain Sepak bola
- Mengoper dan menerima
- Mengoper dan mengontrol
b. Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan gerak mengoper dan menerima
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mengoper dan menyundul
- Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan gerak mengoper dan menerima
- Mengoper dan menyundul
- Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Permainan Sepak Bola
F. Penilaian
1. Tes penilaian
Tes Unjuk Kerja
Gerakan:
- Mengoper dan menerima
- Mengoper dan mengontrol
- Bermain sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN SEPAK BOLA
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Mengoper dan menerima
2. Mengoper dan mengontrol
3. Bermain Sepak bola dengan permainan yang dimodifikasi
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktekkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olah raga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 1.3 Mempraktekkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin.
Indikator : Melakukan gerakan:
- Start
- Saat berlari
- Finish
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Start
- Saat berlari
- Finish
B. Materi Pembelajaran
Atletik
- Start
- Saat berlari
- Finish
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
- Melakukan gerak dasar start
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
- Gerak dasar saat berlari
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
- Gerak dasar saat finish
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Melakukan gerak dasar sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
- Melakukan gerak start
- Melakukan Gerak dasar saat berlari dan saat finish
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Atletik
- Tim Abdi Guru
F. Penilaian
1. Tes Penilaian
Tes Unjuk Kerja (psikomotor)
Gerakan :
- Start
- Saat berlari
- Finish
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN LARI CEPAT / SPRINT
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Star
2. Saat berlari.
3. Finish
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mempraktekkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot
Anggota badan bagian atas
Indikator : Melakukan gerakan:
- Push up
- Shit up
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan:
- Push up
- Shit up
B. Materi Pembelajaran
a. Kebugaran
- Push up
- Shit up
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir push up
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir push up
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir shit up
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir shit up
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks,
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Kebugaran (Jasmani)
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes untuk kerja (psikomotor)
Gerakan :
- Push up
- Shit up
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN KEBUGARAN
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Push Up
2. Shit Up
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar : 2.2 Mempraktekkan aktivitas untuk kecepatan dan kualitas
gerak yang meningkat
Indikator : Melakukan gerakan:
- Lari cepat
- Lari bolak-balik
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan:
- Lari cepat
- Lari bolak-balik
B. Materi Pembelajaran
a. Kebugaran
- Lari cepat
- Lari bolak-balik
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir lari cepat
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir lari cepat
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir lari bolak-balik
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir lari bolak-balik
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks,
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Kebugaran (Jasmani)
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes untuk kerja (psikomotor)
Gerakan :
- Lari cepat
- Lari bolak-balik
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN LARI CEPAT / SPRINT
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Lari Cepat
2. Lari bolak - balik
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktekkan berbagai bentuk senam ketangkasan
dengan kontrol yang baik dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
Kompetensi Dasar : 3.1 Mempraktekkan latihan peregangan dan pelemasan
Indikator : Melakukan gerakan:
- Pola gerak peregangan
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan gerakan:
- Pola gerak peregangan
B. Materi Pembelajaran
Senam
- Pola gerak peregangan
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir peregangan anggota badan atas
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir peregangan anggota badan atas
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir peregangan anggota badan punggung
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
- Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir peregangan anggota seluruh badan dan lengan
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks,
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Kebugaran (Jasmani)
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes untuk kerja (psikomotor)
Gerakan :
- Pola Gerak Peregangan
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
Pola Gerak Peregangan:
a. Atas
b. Bawah
c. Tengah
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktekkan latihan untuk meningkatkan kebugaran
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 3.2 Mempraktekkan bentuk senam ketangkasan dalam
meningkatkan koordinasi nilai percaya diri
Indikator : Melakukan gerakan:
- Pola gerak bertumpu dengan dua tanga
- Pola gerak bertumpu kepala dan kedua tangan
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Pola gerak bertumpu dengan dua tangan
- Pola gerak bertumpu kepala dan kedua tangan
B. Materi Pembelajaran
a. Senam Ketangkasan
- Pola gerak bertumpu dengan dua tangan
- Pola gerak bertumpu kepala dan kedua tangan
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawa
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Pola gerak split di udara
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Pola gerak loncat dan berputar
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Pola gerak loncat dan berguling kedepan
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Pola gerak loncat dan berguling kebelakang, loncat lengkang dan loncat bangku
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku Teks,
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Senam
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
Tes untuk kerja (psikomotor)
Gerakan:
- Pola gerak bertumpu dengan dua tangan
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SENAM
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Pola gerak bertumpu dengan dua tangan
2. Pola gerak bertumpu kepala dan kedua tangan
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Mempraktekkan berbagai gerak dasar gerak ritmik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 4.1 Mempraktekkan pola jalan lari dan lompat dalam gerak
ritmik
Indikator : Melakukan gerakan:
- Senam irama
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan langkah berirama
- Kaki
- Ayunan
- Jalan langkah empat
- Tangan dan langkah kaki
B. Materi Pembelajaran
- Langkah kaki
- Ayunan tangan
- Jalan langkah
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawaban
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan sikap awal saat melakukan dan sikap akhir
Langkah, ayunan
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Pola gerak loncat dan berputar
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku Teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
- Senam irama
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes untuk kerja (psikomotor)
Gerakan kombinasi
- Jalan
- Lari
- Lompat
Dengan irama
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KETERAMPILAN GERAK RITMIK
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Jalan
2. Lari
3. Lompat
Dengan irama
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Mempraktekkan berbagai gerak dasar gerak ritmik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 4.2 Mempraktekkan kombinasi pola gerak jalan lari dan lompat
Indikator : Melakukan gerakan:
- Jalan
- Ayunan
- Langkah
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan kombinasi
- Jalan
- Ayunan
- Langkah dengan irama
B. Materi Pembelajaran
a. Ritmik Kombinasi
- Jalan
- Ayunan
- Langkah
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan kombinasi
- Ayunan tangan dan langkah kaki
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Melakukan kombinasi
- Bermain naik kereta api
- Jungkit berantai
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi
- Tim Abdi Guru
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes Unjuk Kerja (psikomotor)
Gerakan kombinasi
- Jalan
- Lari
- Lompat dengan irama
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PERMAINAN LARI CEPAT / SPRINT
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
Gerakan kombinasi : Jalan, Lari, Lompat dengan irama
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 5. Menerapkan budaya hidup sehat
Kompetensi Dasar : 5.1 Mengenal dan menjaga alat kebersihan alat reproduksi
Indikator : Menjelaskan
- Alat reproduksi
- Cara menjaga kebersihan alat reproduksi
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan
- Alat reproduksi
- Cara menjaga kebersihan reproduksi
B. Materi Pembelajaran
a. Hidup Sehat
- Alat reproduksi
- Cara menjaga kebersihan reproduksi
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Menjelaskan alat reproduksi
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
Inti
- Menjelaskan cara menjaga kebersihan alat reproduksi
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa
E. Sumber Belajar
- Buku Teks
- Buku referensi kesehatan
- Tim Abdi Guru
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
Tes Teori
Menjelaskan Alat reproduksi dan cara menjaga kebersihan reproduksi
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA KESEHATAN REPRODUKSI
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Alat Reproduksi
2. Cara menjaga kebersihan reproduksi
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ......................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ........................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 5. Menerapkan Hidup Budaya Sehat
Kompetensi Dasar : 5.2. Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual
Indikator : Menjelaskan :
- Pelecehan Seksual
- Menjaga diri dari pelecehan seksual
Alokasi : 4 x 35 menit (2x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan:
- Pelecehan seksual
- Menjaga diri dari pelecehan seksual
B. Materi Pembelajaran
a. Hidup Sehat
- Pelecehan seksual
- Menjaga diri dari pelecehan seksual
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Menjelaskan bentuk-bentuk pelecehan seksual
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Menjelaskan bentuk-bentuk pelecehan seksual
Penutup
- Tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi kesehatan
- Tim Abdi Guru
F. Penilaian
1. Teknik penilaian:
Tes Teori:
- Pelecehan seksual
- Menjaga diri dari pelecehan seksual
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA PELECEHAN SEKSUAL
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Pelecehan seksual
2. Menjaga diri dari pelecehan seksual
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ....................................... )
|
Guru Mata Pelajaran
( ...................................... )
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : V (lima)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 6. Mempraktekkan
berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan
peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 6.1. Mempraktekkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran
Indikator : Menjelaskan :
- Sepak bola dengan berbagai variasi dan kontrol
- Mengoper, menghentikan dan menggiring bola
Alokasi : 8 x 35 menit (4x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan gerakan
- Sepak bola dengan berbagai variasi dan kontrol
- Mengoper, menghentikan dan menggiring bola
B. Materi Pembelajaran
a. Sepak bola
- Sepak bola dengan berbagai variasi dan kontrol
- Mengoper, menghentikan dan menggiring bola
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Penugasan
- Latihan
- Tanya Jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Menendang bola dengan berbagai variasi
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
2. Pertemuan 2
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan menghentikan bola
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
3. Pertemuan 3
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan menghentikan dan menggiring bola
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
4. Pertemuan 4
Pendahuluan
- Berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
Inti
- Mempraktekkan sepak bola dengan berbagai variasi
- Mempraktekkan menghentikan bola
- Mempraktekkan menggiring / heding
Penutup
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar
E. Sumber Belajar
- Buku teks
- Buku referensi kesehatan
- Tim Abdi Guru
F. Teknik Penilaian
1. Teknik penilaian
Tes Unjuk Kerja (psikomotor)
Gerakan:
- Sepak bola dengan berbagai variasi dengan kontrol
- Mengoper, menendang dan menggiring bola
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA SEPAK BOLA
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Sepak bola dengan berbagai variasi dengan kontrol
2. Mengoper
3. Menendang
4. Menggiring bola
| | | | |
JUMLAH
| | |||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ................................. )
|
Guru Mata Pelajaran
( .......................................... )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar